Breaking News

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata

Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami dan lebih efektif untuk semua usia serta mampu menghindari dari obat-obatan yang berasal dari bahan kimia.

Sakit mata memanglah sangat mengganggu, terlebih mata adalah satu diantara bagian utama buat kita untuk melihat serta jika mata terganggu peranannya pasti juga akan menghalangi kesibukan kita pastinya karna nyaris semua aktivitas memerlukan kemampuan mata.

Tetapi sebelumnya ketahui bagaimana caranya menyembuhkan sakit mata sebaiknya bila ketahui apa sajakah penyebabnya sakit mata?

Beberapa Gejala Umum dan Penyebab Sakit Mata

Sakit mata sering kali disebabkan oleh konjungtivitis. Kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Mata merah
  • Berair
  • Terasa gatal
  • Nyeri
  • Bengkak

Meski bisa membaik dengan sendirinya, sakit mata juga kadang bisa disebabkan oleh beberapa penyakit mata yang serius, seperti keratitis, blefaritis, uveitis, dan glaukoma.

Penyakit-penyakit tersebut biasanya akan menimbulkan gejala sakit mata yang menetap atau semakin berat dan disertai beberapa gejala lain, seperti mata bernanah, gangguan penglihatan, mudah silau atau sensitif terhadap cahaya, demam, dan sakit kepala yang berat.

Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Ada beberapa pilihan cara mudah mengobati sakit mata secara alami yang bisa Anda coba. Dengan begitu, berbagai keluhan sakit mata yang mengganggu, seperti mata merah, kering, berair, atau nyeri, bisa dikurangi dan Anda pun bisa beraktivitas dengan nyaman.

Infeksi Virus

Satu di antara pemicu terjadinya sakit mata yaitu lewat infeksi virus, umumnya tanda yang berlangsung yaitu mata seringkali berair, merasa gatal, memerah, sedikit bengkak serta ada yang merasa mengganjal dibagian mata.

Infeksi Bakteri

Terkecuali lewat infeksi virus, sakit mata dapat juga berlangsung lewat infeksi bakteri. Penyakit mata yang dikarenakan oleh bakteri yang bisa mengakibatkan sakit mata yaitu bakteri staphylococcus serta bakteri pneumoccocus.

Untuk tanda yang berlangsung nyaris serupa dengan tanda dari infeksi virus, dan mata juga akan merasa pedih serta juga akan keluar kotoran mata atau belek yang berwarna kuning pekat seperti nanah.

Umumnya sewaktu bangun tidur pada pagi hari mata juga akan susah untuk di buka lantaran kotoran itu melekat di alis mata sampai cukup susah untuk buka mata.

Karena alergi

Tipe sakit mata yang dikarenakan alergi pada mata dapat juga mengakibatkan sakit mata seperti mata jadi merah serta merasa perih.

Luka pada mata

Sakit mata serta gatal dapat juga berlangsung karna ada luka pada mata. Jika tidak selekasnya diobati dengan benar bisa mengakibatkan infeksi.

Untuk langkah menyembuhkan sakit mata tidak selamanya keluarkan cost yang cukup besar, untuk mengobatinya bisa memakai beberapa bahan alami yang berada di sekitaran kita. Tersebut cara-cara menyembuhkan sakit mata dengan alternatif dengan gampang :

Kompres air hangat

Menyembuhkan sakit mata dengan kompresan air hangat adalah satu di antara langkah yang paling gampang untuk dikerjakan buat membersihkan debu, kotoran serta bakteri pada mata.

Langkah mengerjakannya bisa dengan handuk kecil yang dicelupkan ke air hangat lantas dikompreskan pada mata yang sakit, yakinkan handuk yang digunakan bersih.

Bunga mawar

Langkah menyembuhkan sakit mata yang lain yaitu dengan bunga mawar, bunga yang cantik serta mempunyai bau yang ciri khas pasti kegemaran beberapa wanita. Untuk memakainya yakni dengan memasukkan bunga mawar ke air serta pakai air itu untuk mengobati mata yang gatal serta memerah.

Daun sirih

Daun sirih juga satu diantara bahan alami yang populer khasiatnya untuk kesehatan serta adalah satu di antara langkah menyembuhkan sakit mata. Langkah memakainya dengan mempersiapkan 3 lembar daun sirih yang telah bersih lantas di rebus dengan air sampai mendidih.

Sesudah air itu telah dingin pakai airnya serta bersihkan pada mata.

Irisan mentimun

Mentimun dapat juga menyembuhkan sakit mata serta merah pada mata, karna karakter anti bakteri yang ada pada timun membuatnya begitu ampuh untuk menangani sakit mata seperti gatal serta merah pada mata, dil uar itu sensai kesegaran pada timun dapat juga memperingan kantung mata.

Untuk langkah memakainya cukup gampang, irislah timun dengan tidak tebal serta lekatkan ke mata sepanjang sebagian waktu.

Madu

Terkecuali khasiatnya dalam menaikkan ketahanan badan, madu juga efisien untuk menyembuhkan sakit mata, terlebih mata belekan. Langkah memakainya dapat dengan pertama kalinya membersihkan mata dengan kapas yang telah dibasahi oleh air hangat, lantas berikan madu di bagian mata yang terserang belekan. Pakai sepanjang 3x satu hari dengan teratur hingga mata jadi sembuh kembali.

Referensi: https://www.hipwee.com/list/tips-mudah-mengatasi-sakit-mata-secara-alami/



Pilihan Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami


Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami

Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami dan Untuk meringankan keluhan yang tergolong ringan, ada beberapa cara alami mengobati sakit mata yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Kompres kantung teh

Kandungan antioksidan dalam teh, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh chamomile, dipercaya dapat meredakan keluhan pada mata, seperti mata bengkak, kering, dan mata merah, sangat baik untuk kesehatan.

Untuk menggunakannya, pertama-tama dinginkan kantung teh basah di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dingin, kompres kantung teh tersebut pada mata yang sakit selama kurang lebih 20–30 menit dan lakukanlah minimal 2–3 kali sehari.

2. Tetes air garam steril atau larutan saline

Garam sanagt baik juga untuk kesehatan dan garam memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam mata. Air garam juga baik digunakan untuk membersihkan mata dan mengatasi mata kering.

Larutan saline biasanya dijual secara bebas dan tersedia di apotek terdekat di kota anda.

Untuk menggunakan larutan saline sebagai cara mengobati sakit mata secara alami, Anda bisa meneteskan beberapa tetes larutan saline pada mata yang sakit selama 3–4 kali sehari. Setelah itu, bersihkan mata dengan tisu dan hindari mengggosok mata dengan tangan.

3. Kompres hangat

Kompres hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit mata alami. Penggunaan kompres hangat dapat mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Selain itu, kompres hangat juga bisa merelaksasi otot mata dan mengurangi nyeri pada mata.

Cara menggunakan kompres hangat pada mata adalah dengan merendam kain bersih yang lembut pada air hangat, lalu angkat kain tersebut dan peras airnya. Setelah itu, kompres mata yang sakit dengan kain hangat ini selama 15–30 menit. Lakukan pengompresan ini sebanyak 2–3 kali sehari.

4. Kompres dingin

Tidak jauh berbeda dengan kompres hangat, kompres dingin juga bisa digunakan untuk meredakan keluhan sakit mata. Namun, bedanya, kompres dingin dapat digunakan juga untuk mengurangi pembengkakan dan memar pada mata.

Cara mengompres pun hampir sama. Hanya saja, kain direndam di dalam air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin (freezer) selama beberapa saat sebelum digunakan. Kemudian, letakkan kain tersebut pada mata atau kelopak mata yang membengkak selama 10–15 menit.

Langkah Pencegahan Sakit Mata

Cara Mudah Mengatasi Sakit Mata Secara Alami dan Agar terhindar dari sakit mata, Anda bisa menerapkan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Mencuci tangan secara teratur, terutama saat tangan kotor, setelah bersin, sehabis membuang sampah, dan sebelum menyentuh mata
  • Menjauhi kebiasaan mengucek-ngucek mata
  • Menghindari berbagi penggunaan handuk, sapu tangan, atau alat make up dengan orang lain
  • Mengganti alas tempat tidur dan sprei setiap minggu
  • Menjaga kebersihan lensa kontak dan menggantinya secara rutin

Cara mudah mengobati sakit mata secara alami dapat meredakan keluhan yang ringan pada mata. Namun, jika sakit mata yang Anda rasakan cukup berat, tidak kunjung membaik setelah 1–2 minggu, atau justru semakin parah, sebaiknya segera periksa ke dokter bagian kesehatan mata agar dapat diberikan obat sakit mata yang sesuai.

Referensi: https://www.alodokter.com/inilah-gejala-dan-cara-mengobati-sakit-mata-secara-alami


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom