Breaking News

6/trending/recent

Hot Widget

RajaBackLink.com
Type Here to Get Search Results !

5 Tugas Programmer dan Skill yang Wajib Dikuasai

5 Tugas Programmer dan Skill yang Wajib Dikuasai

KUAMANGMEDIA.COM - Sesuai dengan namanya, programmer adalah orang yang bertanggung jawab membuat sebuah sistem dengan bahasa pemrograman. Prosesnya meliputi merancang, menulis kode, sampai menguji program hingga siap digunakan.

Sistem yang dibuat oleh programmer pun bermacam-macam, bisa berupa website, web app, software, ataupun aplikasi mobile. Untuk membuatnya pun, ada banyak bahasa pemrograman yang harus dikuasai, seperti PHP, Python, Java, JavaScript, dan lainnya.

Nah, agar mampu menciptakan sebuah sistem yang baik, programmer harus memiliki keterampilan bahasa pemrograman yang mumpuni.

Tugas Programmer

Banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan programmer hanya melakukan coding. Benarkah demikian? Ini dia tugas programmer yang perlu Anda ketahui:

1. Menganalisis Program yang Dibutuhkan

Tugas programmer yang pertama adalah menganalisis apa yang dibutuhkan oleh klien. Apakah website, web app, aplikasi mobile, atau software desktop?

Katakanlah, klien ingin membuat aplikasi khusus untuk sistem operasi Windows. Maka, programmer akan merancang program tersebut menggunakan bahasa pemrograman C# yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows.

2. Merancang Flowchart

Berikutnya, programmer harus memetakan alur sistem dari aplikasi yang dibuat sesuai tujuannya.

Misalnya, ketika akan membangun sebuah website toko online, programmer bisa menentukan alur mulai dari pendaftaran akun, penyimpanan data konsumen, proses checkout, transaksi, hingga tracking pengiriman.

Nah, dari konsep flowchart tersebut programmer dapat merencanakan proses penulisan kode agar website dapat berfungsi dengan baik.

3. Menuliskan Kode

Selanjutnya, programmer akan melakukan coding sesuai dengan bahasa pemrograman yang dibutuhkan sesuai dengan alur yang sudah dibuat.

Pada proses ini, programmer harus dapat berpikir secara logis dan terstruktur sesuai bahasa pemrograman yang digunakan. Sebab, jika terjadi salah penggunaan kode akan menimbulkan bug atau error yang membuat program tidak bisa dijalankan.

4. Melakukan Debugging.

Pekerjaan programmer belum selesai hanya sampai coding. Setelah semua kode tersusun, tugas programmer berikutnya adalah melakukan debugging, yaitu menghapus bug atau error.

Tujuan dari debugging adalah agar sistem yang telah dibangun dapat berjalan lancar. Biasanya, proses ini bisa berlangsung lebih lama, karena programmer harus melakukan uji coba dan mengatasi bug berulang kali.

5. Menguji Program

Sebelum diserahkan kepada klien untuk digunakan atau dirilis ke publik, sistem yang dibangun programmer haruslah bisa digunakan dengan baik. Oleh karena itu, program tersebut harus lolos uji coba program.

Biasanya, program yang masih dalam tahap uji coba disebut versi beta, dimana performa, tampilan, hingga keseluruhan alur sistem sudah sesuai dengan rancangan.

Nah, uji coba ini dilakukan untuk menghindari kesalahan fatal ketika digunakan terutama pada fungsinya. Sekecil apapun kesalahan harus segera diperbaiki agar menjadi sebuah program yang baik.

Programmer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan, apalagi di tengah perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang.

Bayangkan, di awal tahun 2021 saja ada 3,48 juta aplikasi di Google Play dan 2,22 juta aplikasi di Apple App Store. Dan, angka tersebut akan tentu terus bertambah.

Itu semua merupakan hasil dari kerja programmer yang merancang dan mengelola aplikasi untuk berbagai kebutuhan pengguna. Singkatnya, programmer menjadi pekerjaan yang sangat dibutuhkan.

Contoh Programmer Sukses

Di dunia ini, banyak sekali programmer yang membangun program dengan banyak pengguna. Berikut beberapa contoh programmer sukses yang bisa menginspirasi Anda:

1. Tim Berners-Lee

Tim Berners-Lee adalah pencipta World Wide Web. Ia mendesain dan membangun sistem dari akses internet yang Anda gunakan sekarang.

Programmer ini juga yang membuat website pertama kali dengan bahasa pemrograman HTML dan mengonlinekannya hingga bisa bisa diakses oleh pengguna dari seluruh dunia.

2. Larry Page dan Sergey Brin

Larry Page dan Sergey Brin adalah pendiri Google, sebuah mesin pencarian terbesar saat ini.

Keduanya memulai project Google pada 1996, ketika masih menjadi mahasiswa di Stanford University. Kala itu, baik Larry Page dan Sergey Brin sangat tertarik pada sistem mesin pencarian. Dan pula, mereka tidak puas atas mesin pencari di internet saat itu, Page Rank.

Dari sanalah muncul ide Google, yang ditujukan untuk mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses sehingga bermanfaat bagi semua orang.

Sistem Google bekerja dengan mendasarkan struktur link-link antar situs web untuk menentukan peringkat setiap website. Nah, peringkat tersebut akan ditampilkan dalam mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang diinput.

3. Bill Gates

Programmer sukses selanjutnya yaitu Bill Gates, pendiri Microsoft dan sistem operasi Windows.

Permainan Tic-Tac-Toe adalah program komputer pertama yang dibuat oleh Bill Gates. Setelahnya, ia fokus menekuni programming dan membangun Microsoft bersama Paul Allen.

Hingga saat ini, lebih dari 75% pengguna komputer di dunia menggunakan sistem operasi Windows. Selain itu, Microsoft pun berekspansi dengan mengeluarkan banyak varian program, seperti Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, Microsoft Excel, dan sebagainya.

4. Matt Mullenweg

Pada 2002, Matt Mullenweg merupakan seorang pengguna blog b2/cafeblog, sebuah platform untuk mempublikasikan blog atau konten penggunanya.

Akan tetapi, b2/cafeblog ternyata berhenti dalam mengembangkan softwarenya pada tahun itu. Dari sana, muncul ide dari Matt yang mengembangkan program dengan sistem seperti b2/cafeblog.

Hingga pada Januari 2003, terciptalah WordPress yang saat ini menjadi platform blogging nomor satu di dunia dengan lebih dari 30 juta website aktif.

5. Mark Zuckerburg

Mark Zuckerberg merupakan programmer sukses yang mendirikan Facebook pada 2004. Proses pemrogramannya pun hanya dilakukan di kamar asrama kampusnya.

Awalnya, Facebook hanya diperuntukan bagi mahasiswa Harvard University, tetapit secara perlahan mulai digunakan luas dan berhasil menjadi platform media sosial nomor satu.

Siap Jadi Programmer?

Nah, Anda sudah mengetahui apa itu programmer dan seluk beluk pekerjaan yang dilakukannya, bukan?

Jika Anda tertarik menjadi programmer, Anda perlu menguasai berbagai skill, seperti memahami bahasa pemrograman dan sistem operasi, memahami konsep dan kebutuhan program, dan memahami database.

Apapun bidang programming yang Anda pilih, terus asah skill Anda dan perbanyak pengalaman dengan mengerjakan berbagai project pribadi atau bersama.

Kalau sudah mampu membuat program yang baik, tampilkan karya Anda dalam sebuah website portofolio untuk menunjukkan kemampuan Anda sebagai seorang programmer andal.

Jangan lupa, agar bisa diakses online, website portofolio Anda membutuhkan hosting yang mumpuni untuk bisa diakses 24 jam penuh dan mampu menyimpan data website Anda dengan baik.


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom