Breaking News

6/trending/recent

Hot Widget

RajaBackLink.com
Type Here to Get Search Results !

Korban Penipuan Asuransi Covid-19

KUAMANGMEDIA.COM - Risiko tertular infeksi Covid-19 menjadi bahaya laten bagi kita yang beraktivitas di luar rumah maupun yang sesekali saja keluar rumah untuk berbelanja di tempat umum.

Korban Penipuan Asuransi Covid-19


Yang mencengangkan lagi adalah kemunculan tipe virus baru akibat dampak mutasi. 

Memang saat ini biaya pelayanan kesehatan Covid-19 sepenuhnya ditanggung pemerintah. Melalui program BPJS Kesehatan, pasien harus terlebih dahulu mendapatkan surat rujukan dari Puskesmas untuk kemudian bisa ditangani di rumah sakit rujukan.

Namun dengan memanfaatkan asuransi kesehatan swasta, nasabah bisa mendapatkan layanan kesehatan atas risiko Covid-19 secara lebih praktis, cepat, dan maksimal juga.

Praktis yang dimaksud, nasabah asuransi swasta tidak perlu melalui proses rujukan. Hanya perlu memberikan kartu asuransi, nasabah bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit pilihan terbaik.

Cegah menjadi korban penipuan asuransi Covid-19

Sayangnya, di antara banyaknya orang yang membutuhkan asuransi Covid-19, malah ada oknum yang memanfaatkan untuk melakukan tindak penipuan. Tak sedikit orang yang malah menjadi korban penipuan asuransi Covid-19.

Namun tentu ada solusinya agar hal ini tidak terjadi pada diri kita. Yuk, kita cari tahu bagaimana tips menghindari diri jadi korban penipuan asuransi Corona berikut ini.


1. Asuransi menanggung biaya perawatan Covid-19

Seperti namanya, asuransi covid-19 adalah produk pengelolaan keuangan dengan pilihan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang manfaatnya berupa pertanggungan biaya rumah sakit atau meninggalnya nasabah akibat risiko virus Corona.

Selain asuransi kesehatan, manfaat asuransi jiwa juga sangat krusial khususnya selama masa pandemi seperti saat ini. Apalagi jika memiliki faktor-faktor pemberat risiko tertular virus Corona akibat sering berada di luar rumah atau kondisi kesehatan yang lemah.

Untuk asuransi kesehatan, umumnya akan langsung ditanggung oleh pemerintah. Namun, jika ingin mendapatkan pelayanan praktis, kamu bisa membeli asuransi kesehatan swasta untuk mendapatkan jaminan biaya kesehatan dengan pilihan klaim cashless atau reimbursement.


2. Polis harus dibaca dengan cermat

Apa pun jenis asuransinya, membaca ketentuan yang tercantum di dalam polis adalah suatu kewajiban. Jika kamu tak ingin terjebak dengan kesalahpahaman pertanggungan atau bahkan jadi korban penipuan asuransi Covid-19, maka bacalah perjanjian polis secara cermat.

Nah, sering kali klaim nasabah ditolak karena tidak sesuai dengan perjanjian polis yang telah disetujui. Terutama  pada bagian jenis risiko yang ditanggung serta nilai pertanggungan yang diberikan asuransi.

3. Ketahui limit asuransi

Cari tahu biaya perawatan Covid-19 dan tidak ada salahnya mencari informasi soal harga  vaksin Covid-19 secara online, kemudian sesuaikan dengan limit asuransi yang dipilih. Pastikan limitnya lebih tinggi dibandingkan estimasi biaya perawatan Covid-19 saat ini. 

Perhatikan apakah asuransi pilihanmu itu memberikan manfaat unit link atau investasi sekaligus atau tidak. 

Jika manfaat investasi bukan targetmu, hindari produk asuransi berbalut investasi karena preminya akan menjadi lebih mahal dan nilai pertanggungannya pun berkurang karena dibagi dengan biaya pengelolaan investasi.

Pahami proses klaim asuransi secara umum

Korban Penipuan Asuransi Covid-19
Foto : Ilustrasi

Biar kamu tidak merasa terjebak dengan asuransi penipu, maka pahami dulu bagaimana tahapan klaimnya secara umum. Sebaiknya, klaim asuransi kesehatan atas risiko Covid-19 harus disesuaikan dengan jenis pertanggungan yang dipilih.

Tentu dalam hal ini, tertanggung harus terlebih dahulu terbukti secara klinis telah tertular oleh virus Corona dan membutuhkan penanganan medis atas yang mana biayanya termasuk dalam limit pertanggungan dari asuransi yang dipilih.

Sebagian perusahaan asuransi kesehatan membatasi jenis penyakit akibat Covid-19 yang bisa ditanggung dan sebagian lagi bisa menanggung lebih banyak jenis penyakit namun dengan limit yang lebih kecil.

Jika kamu memilih produk asuransi kesehatan cashless, maka kamu cuma perlu memberikan kartu atau nomor asuransimu kepada pihak administrasi rumah sakit dan bisa langsung mendapatkan layanan medis.

Tapi jika memilih produk asuransi kesehatan reimbursement, maka biaya yang ditagihkan harus dibayar sendiri terlebih dahulu untuk kemudian diajukan kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan penggantian.

Sementara itu, santunan tunai dari asuransi jiwa akibat Covid-19 akan diberikan kepada ahli waris umumnya 14 hari sejak pengajuan klaim disetujui.

Tentu prosedur pengajuan klaim yang dicanangkan tiap perusahaan asuransi akan berbeda-beda, maka dari itu jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada agen atau broker asuransi pilihanmu agar jelas.


Ingat, tidak semua asuransi kesehatan menanggung Covid-19!

Epidemi Covid-19 menguak sejak tahun 2019. Maka dari itu, tidak semua produk asuransi bisa menanggung penyakit ini. Maka dari itu, bagi nasabah pemegang polis asuransi, sebaiknya memeriksa polis mereka dan bertanya kepada perusahaan asuransi penerbit polis.

Terlebih mengingat polis asuransi yang dikeluarkan oleh setiap perusahaan asuransi berbeda-beda dan produk dari setiap perusahaan asuransi menawarkan manfaat klaim yang beragam. 


Saran Mudah Beli Asuransi Covid-19 secara Online bisa di Lifepal

Cara termudah membeli asuransi covid-19 agar terhindar dari penipuan tentu membelinya dari broker asuransi yang terpercaya seperti Lifepal.

Apakah Lifepal juga penipu? Jawabannya tentu saja tidak. Lifepal adalah marketplace all-in-one yang menawarkan opsi membandingkan dan sekaligus layanan pembelian produk asuransi yang bisa disesuaikan dengan preferensi pelanggan. 

Produk asuransi yang ditawarkan Lifepal berasal dari beragam perusahaan asuransi resmi dan terkemuka di Indonesia. Tiga produk utama yang ditawarkan meliputi:

  1. Asuransi kesehatan
  2. Asuransi jiwa
  3. Asuransi mobil

Adapun cakupan pertanggungan asuransi yang ditawarkan Lifepal meliputi individu, keluarga, hingga perusahaan. 

Nasabah pun akan dilayani sebelum dan sesudah membeli produk, seperti penjelasan referensi yang lengkap, penjelasan dan bantuan pengajuan klaim, manajemen polis, dan dukungan di keadaan darurat. 

Beli asuransi di Lifepal menjadikan transaksi berjalan dengan aman dan menjamin calon nasabah dari penipu atau tindakan penipuan.

Baca selengkapnya tentang Manfaat Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Disini


Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Ads Bottom