Breaking News

6/trending/recent
Type Here to Get Search Results !

Kepala Sekolah SMKN 3 Bungo Undang 3 Kepala Sekolah SD Terkait ANBK Nasional

KUAMANGMEDIA.COM - Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Bungo Kecamatan Pelepat Ilir Bapak Rahmat Hidayat, hari ini menggelar Pertemuan Antar Kepala Sekolah Dasar yang akan melaksanakan Ujian ANBK Nasional di Dusun Kuning Gading.

Hal ini dilakukan agar sekolah yang mengikuti ANBK dan yang menginduk di SMK 3 Bungo bisa saling menjalin kerjasama dan koordinasi antara Kepala Sekolah,Proktor ANBK, dan Teknisi sekolah.

Perlu diketahui, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Sekolah SDN 207 Dusun Bangun Harjo, Bapak Jumadi,SPD, beliau menyampaikan maksud serta tujuan dalam pertemuan tersebut, semua teknis serta pembiayaan sekolah akan kita bebankan persiswa yang akan didanai melalui Dana BOS melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Pelepat ilir. Ujarnya

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Adapun ruang lingkup yang akan dibahas dalam POS ANBK ini meliputi kepesertaan asesmen nasional, pelaksana asesmen nasional, penyiapan instrumen asesmen nasional, pelaksanaan dan penyiapan teknis, pengolahan dan pelaporan hasil asesmen nasional, pemantauan dan evaluasi, biaya pelaksanaan asesmen nasional, prosedur penanganan masalah dan tindak lanjut, sanksi, serta kendala dalam pelaksanaan asesmen nasional.

ANBK yang akan dilaksanakan di tengah – tengah kondisi pandemi covid – 19 ini menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi seluruh komponen penyelenggara, untuk menjamin kelancaran kegiatan tersebut dalam peraturan telah dipersiapkan prosedur pencegahan covid – 19 secara ketat, dan juga prosedur penanganan apabila terjadi temuan kasus konfirmasi covid – 19 di dalam satuan pendidikan.

Berikut ini adalah sekolah SD yang diundang dalam acara tersebut dan yang akan melaksanakan ANBK di SMK 3 Bungo Pelepat Ilir.

  • SD IT NURUL JANNAH
  • SDN 205/II BANGUN HARJO
  • SDN 2017/II BANGUN HARJO
#TMC001

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom