24 C
id

Tips Ngobrol dengan Orang Bule dalam Berbagai Bahasa

YouTuber Fiki Naki kini tengah viral karena bermain di Ome-TV dan berinteraksi dengan Native Speaker (bule). Ia terlihat berbicara dengan fasih dalam berbagai bahasa asing seperti Rusia, Rumania, Kazakhstan, Jepang, Cina dan tentunya bahasa Inggris.😀

 

foto: hanya ilustrasi
 
Bernama asli Muhammad Fiqih Ayatullah, ia merupakan remaja kelahiran tahun 2000 di Pekanbaru.

Nah, apakah kamu takjub dengan kemampuan Fiki. Ingin seperti dia, yang pandai berbahasa asing dan bisa ngobrol asyik dengan bule. Gampang, kamu tinggal ikuti saja tips berikut ini.

1. Belajar Intensif
  • Belajar secara intensif lebih efektif dibanding mengambil kelas dalam periode yang panjang. Menurut Mark Manson, penutur multibahasa, belajar secara intensif akan membantu menguasai bahasa asing lebih cepat, daripada belajar kurang intens dalam periode waktu yang lebih lama.
Misalnya, mengambil kursus intensif dua minggu di mana Anda belajar selama enam jam sehari daripada, daripada kursus selama 10 minggu dengan belajar selama satu jam sehari. Itu karena bahasa adalah jenis subjek yang membutuhkan banyak pengulangan dan konsistensi.

2 . Buat Catatan Khusus Kosakata
  • Pelajari banyak kosakata. Kamu bisa memulainya dari kosakata dasar yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tulislah dalam catatan kecil yang bisa kamu bawa ke mana-mana. Selain itu, sangat penting buatmu untuk membiasakan diri menggunakan istilah bahasa asing tersebut setiap hari biar lebih cepat mengingatnya.
3. Smartphone adalah ‘Smart’ Phone

Aplikasi bahasa adalah teman Anda, yang sangat berguna ketika mulai belajar bahasa asing. Dan juga ketika bepergian ke tujuan di mana Anda akan berbicara dengan bahasa tersebut.

Ada beberapa aplikasi yang diklaim bisa membuat Anda fasih hanya dalam beberapa menit sehari. Tanpa berlatih dalam percakapan, akan sangat sulit untuk menjadi fasih. Namun, aplikasi itu bagus untuk membantu Anda mempelajari dasar-dasarnya.

Selain aplikasi, Anda harus kembali ke metode lawas dengan membawa kamus saku untuk membantu memperkaya kosa kata. Selain itu, terdapat aplikasi yang dapat menerjemahkan frasa untuk memberikan referensi kata-kata tertentu. Aplikasi seperti Babbel, Rosetta Stone, Duolingo, LinQ. Metode yang dipakai dari aplikasi tersebut adalah menggunakan gambar dan kita harus mengingat nama benda tersebut.

4. Belajar Sambil Bernyanyi
  • Banyak sekali konten di YouTube atau playlist seperti Joox dan Spotify yang menyediakan lagu-lagu asing. Baik lagu Mandarin, Prancis, Jerman, Jepang dan tentunya Inggris. Playlist tersebut bisa kamu terjemahkan melalui Bahasa Indonesia. Ini akan efektif membantumu.
5. Menonton Film dalam Bahasa Asing
  • Ini adalah cara yang bagus untuk belajar bahasa lebih cepat. Saat Anda mempelajari bahasa baru, ada empat komponen yang harus difokuskan, yakni membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan.
  • Menonton film atau acara TV dengan subtitle yang sama, akan membantu keterampilan mendengarkan dan memperluas kosakata. Tentu agak sulit kalau subttitlenya menggunakan bahasa Jepang, Cina dan Rusia. Namun minimal dari dialek yang diucapkan di film akan memudahkan mempelajari bahasa asing tersebut.
6. Membaca Buku atau Berita Media Asing
  • Membaca adalah bagian penting dari pembelajaran bahasa yang kerap diabaikan banyak orang. Karena dianggap, berbicara lebih penting ketimbang membaca. Tetapi membaca akan membantu Anda memahami cara kerja bahasa dan akan memperluas kosakata. Bisa dimulai dengan buku anak-anak karena vocab-nya sangat mendasar.
7. Cari Native Speaker atau Teman sebagai Referensi
  • Nah ini yang paling penting. Carilah teman atau orang luar yang kalian bisa ajak diskusi dan belajar. Kalian bisa menggunakan aplikasi Ome-TV yang diakses juga oleh Fiki Naki atau kalian bisa berdiskusi dengan teman kalian yang bisa bahasa tersebut.
8. Berlatih Bahasa Setiap Hari
  • Tidak ada jalan pintas untuk belajar bahasa asing. Jika Anda ingin menjadi cukup mahir untuk melakukan percakapan, maka Anda harus berlatih setiap hari. Sambil belajar , Anda juga harus mencatat dan menghafal konsep-konsep baru, berlatih berarti hanya berbicara bahasa asing sebanyak yang Anda bisa. Mengulang dan mengulang kata, sangat membantu untuk membenamkan kata asing dalam pikiran Anda.
9. Jangan Takut Membuat Kesalahan
  • Jika belajar bahasa asing, Anda harus menerima bila membuat kesalahan. Terkadang, Anda terlihat kikuk atau serba salah, tapi tidak ada cara untuk menyiasatinya. Jika Anda terlalu takut untuk melakukan kesalahan, Anda tidak akan pernah benar-benar sampai pada tahap mengadakan percakapan.
Reporter: Afif Awaludin
Sumber: Tips Ngobrol dengan Orang Bule dalam Berbagai Bahasa
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Banner IDwebhost

Google AdSense

Banner IDwebhost