24 C
id

Refly Harun Sebut Habib Rizieq Muncul Sebagai Jagoan Baru dalam Bursa Nama Calon Presiden 2024

JURNAL PRESISI - Meskipun pemilihan Presiden baru akan digelar pada tahun 2024, namun sederet nama sudah muncul sebagai sosok yang digadang-gadang akan maju dalam pertarungan Pilpres 2024.


Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun, melalui chanel youtubenya “Refly Harun” menyampaikan bahwa, Habib Rizieq muncul sebagai jagoan baru dalam bursa pencalonan nama Capres 2024.

“Ini berita yang menarik, kalau Capres-capres sebelumnya hanya diisi oleh 5 nama yang itu-itu saja, yaitu Prabowo, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno, kini ada jagoan baru yang bernama Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq,” jelasnya pada 26 November 2020.

Kemudian Refly melanjutkan penjelasan, jika berbicara tentang Capres, ada dua variabel penting yang harus diketahui, yaitu variabel tetap dan variabel dinamis.

“Kalau kita berbicara mengenai Capres, kita harus melihat dua variabel, satu variable tetap, dua variabel dinamis,” ujarnya.

“Kalau kita bicara variabel tetap, memang saat ini, yang paling ongkang-ongkang kaki adalah PDIP, andai presidential threshold tetap dipertahankan, 20% kursi atau 25% suara anggota DPR, maka hanya satu partai yang sudah mencapai 20% untuk Pilpres 2024, yaitu PDIP,” Lanjutnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Gerindra dalam mengusung Capres sudah pasti menempatkan nama Prabowo sebagai kandidat utama, andai dirinya mau mencalonkan lagi, sedangkankan PDIP kemungkinan antara Ganjar Pranowo dan Puan Maharani.

“Kalau Gerindra sudah pasti Prabowo, kalau Prabowo berniat mencalonkan diri, tapi PDIP belum tentu Ganjar Pranowo, tergantung bagaimana posisi terakhir PDIP dan Ganjar, apakah Ganjar masih pantas diganjar, atau beliau harus menyerah dengan Puan Maharani misalnya, barangkali ada rencana dari Megawati untuk memasangkan Puan Maharani dengan Prabowo Subianto,” jelasnya.

Kemudian dia melanjutkan penjelasannya bahwa yang menjadi masalah nama-nama seperti Kang Emil, Anies Baswedan, Habib Rizieq, termasuk Sandiaga Uno, ini orang-orang yang duafa dalam hal partai politik.

“Nah, yang menjadi masalah adalah Kang Emil, Anies Baswedan, Habib Rizieq, termasuk Sandiaga Uno, ini orang-orang yang duafa dalam hal partai politik. Sandiaga Uno memang masih menempel di Gerindra. Tapi siapa yang akan mencalonkan Sandiaga Uno kalau masih ada Prabowo, kecuali Prabowo mengalah, jadi Sandiaga masih ada harapan sedikit,” terangnya.

“Yang jadi masalah adalah Habib Rizieq, Anies Baswedan, lalu Kang Emil darimana, mereka sangat mungkin sloting ya dari 6 atau 7 partai tersisa, tergantung nanti Aliansinya kemana,” lanjutnya.

Kemudian dia menjelaskan juga dari sisi Variabel lainnya, yaitu Variabel dinamis, nama-nama yang elektabilitasnya mampu bertahan sampai tahun 2024, maka dia yang berpeluang besar, namun ada juga kemungkinan muncul nama baru seperti Ustadz Abdul Somad misalnya.

“Tapi dari variabel dinamisnya, ini sangat tergantung bagaimana elektabilitas mereka di 2024, apakah 5 sampai 6 nama ini akan tetap bertengger dideretan atas samapi 2024, apakah akan ada jago-jago lain yang tidak kita perhitungkan, ya siapa saja, termasuk Ustadz Abdul Somad Mungkin,” tuturnya.

Refly Harun Sebut Habib Rizieq Muncul Sebagai Jagoan Baru dalam Bursa Nama Calon Presiden 2024

http://share.babe.news/al/FNkSYypQvR


Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Banner IDwebhost

Google AdSense

Banner IDwebhost